Ditulis Oleh : Bunyamin R.A, A.Md.R.O., S.E., M.M

Tajam Penglihatan Pada Anak , Belum berkembang sempurna saat lahir , dapat dibilang relative “buruk” dengan kemampuan melihat hanya dengan hand movemet ( gerakan tangan ).

Perkembangan pesat terjadi di usia 6 bulan pertama, namun system penglihatan akan berkembang terus hingga usia 7 -8  tahun.

Perkembangan pesat hanya bisa terjadi jika retina mengalami  stimulasi, sehingga terjadi pertumbuhan sel syaraf diotak yang terkait dengan fungsi penglihatan.

Perkembangan Visual Bayi Prematur :

  • Tergantung dari luasnya prematuritas
  • Kelopak mata belum terbuka sempurna
  • Iris belum berkontraksi atau dilatasi
  • Pembuluh darah retina immature
  • Sistem visual belum siap untuk berfungsi

Dimensi Mata  Neonatus VS  Dewasa :

Diameter kornea : 9,5 – 10,5 mm pada  neonates  dan  12,0 mm pada orang dewasa.

Perkembangan Status  Refrakasi  Anak- Anak  :

  • Lensa :  45 D  saat bayi, kehilangan 20D saat berusia  6 tahun.
  • Panjang axial bertambah 5 – 6 mm. ( sekitar perubahan 1 mm panjang axial perubahan 3 D status refraksinya.
  • Akomodasi lensa  : mencapai kemampuan akomodasi dewasa diusia sekitar 6 bulan.
  • Neonatus umumnya memiliki kelainan refraksi Hypermetropia ( sekitar 2 D ) . , sedkit meningkat hypermetropianya hingga berusia 6 tahun. Dan setelahnya mata anak cenderung mengalami myopia melalui proses myopic shift yang bertujuan untuk membantu mencapai mata emetrop.

Hasil penelitian terhadap Refraksi Anak, sbb :

  • Retina :

# Belum berkembang saat lahir, berubah cepat hingga 4 tahun terutama : piqmen macula , cincin annulus, reflex cahaya fovea, diferensiasi fotoreseptor sel kerucut.

# Peningkatan tajam penglihatan

# Vaskularisasi retina tumbuh secara centrifugal dari diskus optic mencapai ora serrata pada usia gestasi 40 minggu.

Hasil Penelitian Perkembangan Visual Anak :

#   Pemeriksaan Refraksi Pada Anak-anak dengan Cyclopegic  #

Tajam penglihatan yaitu  : kemampuan daya penglihatan untuk memfokuskan suatu objek pada jarak tertentu.

Ada  beberapa Trik yang dilakukan pada saat pemeriksaan mata anak, antara lain :

  • Jangan terburu-buru ( sabar)
  • Minta kerjasamanya dengan orang tua, seperti : pada balita biasanya dipangku oleh orang tuanya., jika sudah bisa duduk boleh sendiri , dan jika balita yang masih rewel bisa sambil menyusui.
  • Pakailah objek yang menarik, seperti mainan berwarna warni.

Ada beberapa objek yang dipakai untuk menilai visus pada pemeriksaan anak :

  • Keeler cards
  • Teller cards
  • Teller Paddles
  • Objek Gambar/ symbol ( LEA symbol )
  • The Landolt C   atau Tumbling  E
  • Snellen Test

Pemeriksaan Visus jauh pada anak yang sudah bisa kooperatif dapat menggunakan objek Snellen .

Pemeriksaan tajam penglihatan dekat pada anak dapat dilakukan dengan 2 test objek :

  • The LEA Symbols
  • The HOTV  Test

Pemeriksaan  Refraksi pada anak-anak :

  • Gunakan frame ujicoba dan lensa ujicoba khusus anak ( yang ringan ).
  • Pemeriksaan visus dilakukan jangan terlalu lama, takutnya keburu bosan
  • Gunakan Retinoscope + trial lens , yang sebelumnya mata anak diberikan tetes cyclopegic.
  • Pemberian tetes cyclopegic ini atas pertimbangan :
  • Jika terjadi refraksi eror/kelainan refraksi dari batas normal, seperti perbedaan ukuran power dari kedua mata      ( Anismetropia ).
  • Suspec mata juling
  • Anak yang tidak kooperatif
  • Pupil yang terlalu kecil

Pemberian tetes cyclopegic dapat diberikan pada usia > 3 tahun dan < dari 3 tahun.

Tujuan pemberian tetes cyclopegic pada anak-anak adalah untuk melumpuhkan / menekan daya akomodasi mata ( relax ) sehingga refraksi yang dicapai lebih maksimal/ akurat.

#  Pemeriksaan Refraksi Pada Anak-anak tanpa Cyclopegic  #

Pemeriksaan refraksi pada anak dapat juga dilakukan tanpa pemberian cyclopegic , yaitu dengan teknik pemeriksaan “Static Retinoscopy”.

  • Static Retinoscopy dilakukan dalam keadaan non-cyclopegic ( Dry Retinoscopy )yang merupakan metode standart untuk mengevaluasi status refraksi pada anak atau remaja.
  • Gunakan objek fiksasi jauh dalam melakukan Retinoscopy statis, terutama bila anak sudah bisa diajak bekerjasama untuk fiksasi jauhnya.

Pemeriksaan Static Retinoscopy  pada anak-anak :

  • Masalah yang  kadang terjadi sewaktu retinoscopy static adalah control fiksasi / akomodasi pasien.
  • Objek fiksasi jauh sebaiknya diberi latar belakang warna merah ( agar akomodasi menjadi lebih relaks ) Objek fiksasi yang kecil akan merangsang akomodasi.
  • Gunakan lensa kerja S+2.00 , yang berperan sebagai fogging lens,
  • Sebagai alternative, gunakan spotlight.
  • Penggunaan fogging lens S+2.00 bilateral dan retinoscopy dilakukan secara simultan pada kedua mata akan mengurangi  resiko unbalanced refraction.
  • Sewaktu Retinoscopy berlangsung, sebaiknya pemeriksa memperhatikan pupil pasien. Apabila terlihat pupil  mengecil, akomodasi sedang aktif

Hal-hal yang menyebabkan berkurangnya daya akomodasi mata :

KESIMPULAN  :

  • Pemeriksaan mata anak dapat dimulai sejak dini  ( minimal usia pra sekolah )
  • Diperlukan peran serta dari orang tua dalam melakukan pemeriksaan mata anak, terutama saat screening awal pemeriksaan.
  • Pemeriksaan mata anak dapat dilakukan secara pemberian cyclopegic dan non cyclopegic sesuai kebutuhannya.
  • Dibutuhkan kesabaran dan komunikasi ( verbal dan non verbal ) dalam kesuksesan pemeriksaan mata anak agar hasil optimal.
http://revistarapi.imap.curitiba.pr.gov.br/akun-pro-jepang/https://www.remap.ugto.mx/pages/slot-luar-negeri-winrate-tertinggi/https://journals.ecotas.org/akun-pro-kamboja/https://journal.mdpip.com/starlight-princess-1000/https://journal.uhe.edu.pk/sweet-bonanza-xmas/https://journals.zu.edu.ly/gates-of-gatot-kaca/https://mdpip.com/akun-pro-kamboja/https://sayangibu.sch.id/bonanza-gold/https://ppdb.sayangibu.sch.id/lucky-neko/http://balazing-wild-megaways.solarbotics.net/http://rtpliveslot.solarbotics.net/http://mahjongpanda.solarbotics.net/http://gatesofolympus.solarbotics.net/https://pit.org.pl/sweet-bonanza/http://eproceedings.umpwr.ac.id/-/starlight-princess/http://revista.imap.curitiba.pr.gov.br/blazing-wilds/https://ediciones.uautonoma.cl/pages/slot-thailand/https://www.sa-ijas.org/gates-of-olympus/https://www.sa-ijas.org/sweet-bonanza/https://rovedar.com/akun-pro-kamboja/https://ists.knu.ua/-/akun-pro-vietnam/https://karir.pdamindramayu.co.id/sugar-rush/https://revistaeletronica.iedi.edu.br/aztec-gems/https://mitrasmart.co.id/sugar-rush/https://www.sa-ijas.org/mahjong-ways-2/https://admin.berjasa.co.id/akun-pro-kamboja/https://admin.berjasa.co.id/gates-of-olympus/https://learning.modernland.co.id/storage/-/akun-pro-kamboja/https://learning.modernland.co.id/gates-of-olympus/https://pcdn.edu.pl/link-terbaik/https://pcdn.edu.pl/sweet-bonanza/https://pythononlinecompiler.com/sigmaslot/https://www.sa-ijas.org/products/mahjong-wins/https://revistaeletronica.iedi.edu.br/products/pyramid-bonanza/https://learning.modernland.co.id/products/pt2/http://niaksha-academic.ac.id/rekomendasi-link/https://member.aosa.org/storage/products/platinum/https://pointer.ternatekota.go.id/assets/products/mpo/https://tapchi.hce.edu.vn/slot-hoki/http://skpipm.id/products/zeus-vs-hades/https://pcdn.edu.pl/products/slot-luar-negeri/https://tapchi.hce.edu.vn/link-situs/https://jazindia.com/products/treasures-of-aztec/https://transbahasa.co.id/products/rujak-bonanza/https://journal.uhe.edu.pk/demo-gratis/https://library.binawan.ac.id/products/akun-pro-platinum/https://www.sa-ijas.org/pasarantogel2/https://seer.anafe.org.br/products/zeus-vs-hades/https://vokasi.ui.ac.id/products/idn/https://vokasi.ui.ac.id/products/luar-negeri/https://pcdn.edu.pl/products/pyramid-bonanza/https://revistaeletronica.iedi.edu.br/products/kakek-merah-slot/https://ists.knu.ua/docs/products/mpo/https://www.sa-ijas.org/sigma/https://vokasi.ui.ac.id/products/khmer/https://vokasi.ui.ac.id/products/gacor-malam-ini/https://vokasi.ui.ac.id/vendor/situs-pulsa/https://caribjscitech.com/pyramid/https://vokasi.ui.ac.id/vendor/slot-dana/https://vokasi.ui.ac.id/web/config/https://formationmixte.fr/inscription_pif/gates-of-olympus/https://www.5nivel.com/slot-luar-negeri/https://university.persisca.com/xthai/https://vokasi.ui.ac.id/cklwk/https://uecampus.com/public/luar-negeri/https://university.persisca.com/demo-pragmatic/https://coolval.com/dana/https://institute.vedamrita.com/linkpulsa/https://e-serapan.jombangkab.go.id/public/akun/https://e-serapan.jombangkab.go.id/public/file/pulsa/https://university.persisca.com/akun-pro-jepang/https://www.uninets.com/store/akun-pro-myanmar/https://lms.3kode.com/akun-pro/https://journal.uhe.edu.pk/gacor-resmi/https://journal.uhe.edu.pk/akun-pro-vietnam/https://journal.uhe.edu.pk/slot-myanmar/https://pointer.ternatekota.go.id/paling-gacor/https://edmclaren.com/public/akun-pro-jepang/https://tapchi.hce.edu.vn/akun-pro-jepang/https://www.sa-ijas.org/akun-pro-malaysia/https://www.sa-ijas.org/lucky-neko/https://askantech.com/wp-content/data-macau/https://www.sa-ijas.org/depo25-bonus25/https://askantech.com/wp-content/gates-of-olympus/https://stephclairesmith.com.au/passwordhttps://theairdgroup.com.au/password/https://podcastmerch.com/password/https://tinylumber.com/password/https://stephclairesmith.com.au/password/https://fanzstore.com/password/https://houseplantshop.ca/password/